Cara bikin SIM online

Cara bikin SIM online disini yang saya maksud adalah surat izin mengemudi ya bro jadi jangan sampe diartikan yang lain, SIM adalah salah satu syarat wajib yang harus dimiliki setiap pengemudi kendaraan bermotor, jadi dinegara kita ini kalo mau mengendarai kendaraan bermotor maka kita harus udah punya SIM sebagai tanda bahwa kita sudah diijinkan untuk mengendarai kendaraan bermotor atau nyupirin.

Walaupun kenyataanya masih banyak pengendara yang belum punya sim atau simnya udah mati kaya punya saya yang udah mati sejak tahun 2004, banyak faktor yang bikin orang belum bikin sim atau takut untuk bikin sim padahal resikonya tau sendiri jika berkendara tapi gak punya sim rasanya was was dan ngerasa bersalah kan..

Dipostingan kali ini saya akan berbagi cara untuk membuat sim tapi secara online,  dan dibawah ini langsung aja kita bahas bagaimana cara membuat sim secara online, simak baik².

1. Sebelum membuat SIM pastikan kita udah punya syarat wajibnya yaitu eKTP, jika udah punya eKTP langsung aja kita ke registrasi atau daftar kesini

2. Jika proses registrasi atau pendaftaran di web tadi udah selesai selanjutnya adalah melakukan proses pembayaran dengan jumlah sesuai dengan yang tertulis saat registrasi dan pembayaran bisa ke teller ATM, EDC, BRI

3. Jika sudah selesai proses registrasi dan pembayaran kamu bisa langsung datang ke lokasi satpas atau gerai SIM keliling yang kamu pilih pada saat registrasi di website tadi.

4. Petugas satpas atau gerai sim akan melakukan verifikasi data kamu yang tadi kami isikan di website saat registrasi dengan data aslinya yang kamu bawa yaitu eKTP

5. Jika semua sudah terverifikasi dan sesuai maka selanjutnya adalah pengambilan foto kamu, sidik jari kamu dan tanda tangan kamu.

6. Selanjutnya kamu akan di tes uji teori dan praktek mengemudi langsung, kalau kamu dinyatakan lulus maka SIM kamu bisa langsung dicetak tapi kalau gak lulus yah terpaksa kamu tes ulang sampe lulus.

Diatas itu emang cara atau prosedur untuk bikin sim secara online tapi sampe sekarang ini hanya sebatas untuk perpanjang dan tidak melayani pembuatan baru dengan alasan rusak ini rusak itu sampe akhirnya saya sendiri datang langsung ke polres karna selalu ada gangguan ketika saya coba bikin secara online seperti diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *